Minggu, 13 Oktober 2013

IPS Sebagai Pondasi Penilaian Dunia terhadap Suatu Bangsa

Apabila teman-teman menginginkan File ini, silahkan koment dan tinggalkan e-mail. karena blog ini diseting untuk tidak bisa di Copy-Paste, terimakasih.

(Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI)
IPS Sebagai Pondasi Penilaian Dunia terhadap Suatu Bangsa
(Oleh : Wenda Alifulloh)

            Sebuah bangsa dapat dikatakan beradab apabila penilaian dunia terhadap pilar-pilar yang ada di dalam kehidupan bangsa tersebut dipandang ‘Baik’. Baik pada segi kemampuan masyarakatnya dalam berinteraksi, baik dalam pencitraan sejarah bangsa tersebut, baik dalam pengelolaan warisan kebudayaan, dipandang baik dalam penegakan hukum yang berlaku, baik dalam pengelolaan kehidupan pemerintahan dan cara berpolitik, baik dalam kemampuan berkomunikasi masyarakat bangsa tersebut, baik dalam pengadaan pendidikan, serta baik pada pengelolaan kegiatan perekonomian dan kemampuan eksplorasi wilayah. Hal-hal diatas adalah parameter yang diperhatikan dunia sebagai aspek-aspek penting untuk menentukan seberapa tinggi derajat (mutu) suatu bangsa dalam kehidupan bernegara. Sebab dunia memandang hal diatas adalah sebuah standar kelayakan bagaimana sebuah bangsa dapat dikatakan bermartabat baik oleh dunia.
            Mungkin kita tahu ada Beberapa aspek lain yang dapat digunakan juga untuk menentukan derajat kehidupan suatu bangsa seperti penguasaan teknologi dan kecerdasan dalam Ilmu pengetahuan namun secara berkaitan aspek ini-pun berakar dari hal-hal dasar yang secara tersirat digunakan oleh mata dunia untuk membandingkan mutu suatu bangsa dengan bangsa-bangsa lainnya. Misalnya saja pada penentuan Negara dengan kemampuan Matematika terbaik di dunia, hal ini adalah pengukuran pandangan dunia terhadap kemampuan akademik masyarakat dalam sebuah bangsa. padahal kemampuan matematika suatu bangsa akan baik atau buruk ditentukan oleh bagaimana pengelolaan pendidikan yang dilakukan bangsa tersebut, dan bagimana bangsa tersebut menempatkan matematika dalam kurikulum pembelajarannya. Artinya, aspek kematematikaan yang dinilai sebenarnya adalah aspek pengelolaan pendidikan suatu bangsa, yang kita tahu bahwa aspek pengelolaan pendidikan terletak sebagai aspek dasar penilaian kualitas suatu bangsa. Itulah sebabnya kriteria-kriteria diatas merupakan pondasi atau dasar dari pencitraan martabat suatu bangsa yang dilakukan oleh mata dunia untuk menentukan seberapa tinggi derajat kemakmuran suatu bangsa.
            Secara sadar atau tidak, apabila kita perhatikan dengan baik, pemegang kendali penuh dalam aspek pokok penilaian martabat bangsa ini adalah kajian bidang sosial,  baik itu kajian Sosiologi, Sejarah, Antropologi, Hukum dan lain sebagainya. Artinya peran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam pembentukan karakter bangsa yang bermartabat sangatlah besar. Peran Kajian bidang sosial menjadi dasar bagi setiap sudut yang dinilai oleh kacamata dunia untuk menentukan citra suatu bangsa. Hal-hal penting yang menjadi parameter penilaian mutu berasal dari pokok yang sangat dasar dalam kajian ilmu sosial. Sehingga Begitulah pentingnya kajian sosial untuk memenuhi setiap sudut Dari aspek pokok penentu kualitas suatu bangsa ini.
            Pada saat dunia menilai bagaimana hubungan sosial masyarakat dalam suatu bangsa, tentu peran Ilmu Sosiologi sangatlah berpengaruh didalamnya. Dengan memiliki masyarakat yang cerdas teradap pengetahuan Mengenai interaksi sosial, sebuah peradaban bangsa akan melahirkan masyarakat yang berkualitas tinggi dalam pergaulan sosialnya. Pola pikir yang terbentuk oleh masyarakat yang menguasai ilmu pengetahuan Sosiologi akan menjadi landasan masyarakat dalam berinteraksi, bahkan bentuk-bentuk penyimpangan yang mungkin terjadi dalam hubungan sosial sekalipun, dapat diantisipasi oleh masyarakat yang cerdas melalui Analisa Sosiologi yang dimiliki oleh masyarakat suatu bangsa, sehingga masalah-masalah yang berkaitan dengan interaksi sosial dapat diminimalisir kemunculannya, dan apabila peran ilmu sosiologi ini telah berjalan dengan baik, maka akan lahirlah bangsa dengan masyarakat yang cerdas dalam proses interaksi sosial yang membawa pandangan baik oleh mata dunia.
            Di lain hal, asal mula keberadaan suatu bangsa secara nyata-pun berberan terhadap bagaimana citra bangsa tersebut dimata dunia. Hal ini mengisyaratkan bahwa peran ilmu sejarah amatlah penting bagi keberadaan suatu bangsa. Bangsa yang mendapat respon baik oleh dunia adalah bangsa yang mampu menciptakan sejarah-sejarah terbaik dalam setiap waktu. Hal itu membawa kita kedalam sebuah pemikiran bahwa masyarakat suatu bangsa yang menguasai Ilmu Pengetahuan Sejarah dengan baik, maka akan membawa bangsanya untuk menuliskan sejarah-sejarah terbaik selama keberlangsungan kehidupan peradaban bangsanya itu. Sehingga harkat dan martabat bangsa dimasa depan dapat tercipta melalui bagaimana para pendahulu mampu membawa bangsa dalam sejarah terbaik yang menempatkan bangsanya menjadi bangsa dalam harkat tertinggi.
            Dalam sudut yang lain, Dunia juga menggunakan ‘warisan kebiasaan’ untuk menentukan suatu bangsa yang bermatabat. Tidak ada ada bangsa yang memiliki harkat dan martabat tinggi dimata dunia yang tidak menonjolkan unsur kebudayaan bangsa tersebut. Hal ini menjadi point penting bagi kita untuk menyadari bahwa Ilmu Pengrtahuan Antropologi Kebudaayaan yang mengkaji bagaimana kebiasaan manusia secara umum dijadikan sebuah patokan nilai yang dipandang dunia untuk menentuka martabat bangsa. Apabila masyarakat suatu bangsa cerdas dalam Pengetahuan antropologinya bukan hal yang sulit bagi bangsa tersebut untuk mempertahankan kebudayaannya agar dapat dilestarikan terus tanpa tercampuri oleh budaya asing. Atau bahkan justeru mampu menempatkan kebudayaan bangsa tersebut menjadi sebuah kebudayaan yang mendunia. Sehingga prespektif dunia terhadap bangsa tersebut semakin bernilai positif.
            Mata dunia selanjutnya yang tidak kalah penting dalam penentuan harkat dan martabat suatu bangsa adalah bagaimana bangsa tersebut konsisiten dengan Hukum yang berlaku di dalamnya. Sebab, cara bangsa tersebut dalam menindak perilaku penyimpangan dalam kehidpannya membawa prespektif dunia mengenai bagaimana kualitas kekuatan perlindungan bangsa tersebut. Secara nyata, dunia akan mencatat bagaiamana keabsolutan aturan Hukum yang dianut suatu bangsa, yakni seberapa jauh Hukum terhadap suatu pelanggaran diterapkan dalam bangsa itu, apakah seluruh masyarakat dalam bangsa itu mendapat kedudukan yang sama dimata Hukum ?, atau adakah oknum tertentu yang malah dapat dengan mudah lepas dari jeratan aturan yang telah disepakati oleh mereka itu. dunia akan melihat bagaiaman semua itu berlangsung, dan mata dunia akan menempatkan suatu bangsa kedalam jajaran bangsa yang Berharkat tinggi apabila bangsa tersebut mampu membuat Hukum yang mereka susun sebagai suatu ancaman kuat yang menyebabkan minimnya tindak kejahatan dalam kehidupan bangsa tersebut.
            Pilar berikutnya yang tak luput dari penilaian adalah Pemeritahan. Cara para wakil rakyat pada suatu bangsa dalam menjalankan roda pemerintahan akan menjadi niai penting dimata dunia untuk menempatkan sebuah bangsa kedalam bangsa yang bermartabat. Terlebih cara-cara dan kemampuan masyarakat yang cerdas dalam ber Politik akan membawa masyarakat dalam bangsa itu menjadi masyarakat yang berfikir maju. Berusaha kuat dan siap jatuh untuk membangun peradaban yang kuat pada bangsanya. Sehingga pilar Ilmu Sosial bidang Pemerintahan dan politik akan sangat berperan dalam mengisi pola pikir masyarakat untuk maju dan Berkembang menjadi bangsa yang bermartabat tinggi di dunia.
            Kemampuan komunikasi suatu bangsa menjadi parameter khusus bagi dunia untuk menganggap suatu bangsa adalah bangsa yang bermutu. Apabila masyarakat bangsa tersebut dapat berkomunikasi dengan bahasa dan tata komunikasi yang cerdas, maka dunia akan membawa bangsa menuju mutu lain yang diperlukan dunia untuk menilai. Karenanya Ilmu komunikasi yang baik akan membawa presepsi yang baik dimata dunia. Dan kekuatan kemampuan linguistic suatu bangsa akan membawa pandangan ‘cerdas’ dunia yang mampu mendongkrak mutu masyarakat suatu bangsa, salah satunya didorong oleh kemampuan menggunakan Ilmu Sosial bidang Komunikasi.
            Pengelolaan pendidikan-pun memegang peran yang sangat sangat besar untuk meningkatkan harkat dan martabat suatu bangsa. Misalnya saja mengenai bagaimana suatu bangsa mengajarkan masyarakatnya ‘melek’ Ilmu Sosiologi melalui Pendidikan Sosiologi, atau membuat masyarakatnya ‘peka’ akan Hukum, melalui Pendidikan Hukum, juga bagaimana pemerintah membawa kebudayaan untuk diajarkan kepada masyarakat bangsanya sehingga mampu membawa bangsa tersebut menjadi bangsa yang memiliki bekal pengetahuan Sosiologi, Hukum, atau Kebudayaan yang memiliki peran dalam penentu harkat dan martabat bangsa sesuai dengan penjabaran sebelumnya. Pengelolaan pendidikan yang baik akan menghasilkan masyarakat yang baik pula unuk keberadaan bangsa tersebut. Pengelolaan pendidikan yang baik, akan menempatkan suatu bangsa menjadi bangsa cerdas yang mampu dikatakan bermartabat oleh dunia.
            Ilmu pengelolaan lingkungan juga memegang peranan kuat dalam membawa sayap bangsa menuju bangsa yang bermartabat. Misalnya saja pengelolaan lahan atau tanah yang dimiliki oleh suatu bangsa. Dengan mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dan mampu mengembangkannya menjadi lahan berdaya guna tinggi akan membawa suatu bangsa menjadi bangsa yang mampu mengelola lingkungan alam menjadi lebih baik, sehingga mata dunia dapat menempatkan bangsa tersebut menjadi peradaban nyata yang berkualitas tinggi dalam mengelola alam, ditambah lagi dengan kemampuan pengelolaan sistem Perekonomian bangsa tersebut sehingga mampu membawa setiap aspek dalam lingkungan alam bangsa tersebut menjadi aset yang mendatangkan kemakmuran bagi masyarakatnya. Pengelolaan ekonomi ini akan membawa bangsa kedalam jajaran bangsa kaya yang mampu mengeksplorasi setiap apa yang ada dilingkungannya menjadi sesuatu yang bermanfaat. Karenanya peran Ilmu sosial bidang Pengelolaan Lingkungan ini akan membawa dunia berfikir bahwa suatau bangsa dapat dikatakan makmur dan memiliki pencitraan serta mutu hidup yang baik, yang mampu membawa bangsa menjadi Bangsa yang berkasta tinggi di dunia.
            Demikianlah, bagaimana peranan Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai penentu dasar pemikiran dunia dalam melihat apakah suatu bangsa dapat dikatakan berharkat dan bermartabat tinggi. Karenanya semakin baik ilmu-ilmu sosial dimiliki oleh masyarakat suatu bangsa, maka bangsa tersebut mampu menempatkan diri menuju arah yang cerdas dimata dunia.
            Apabila aspek-aspek sosial yang menjadi penentu itu mampu terpenuhi dengan baik, maka suatu peradaban bangsa akan menjadi bangsa yang ditempatkan sebagai bangsa Bermartabat dimata dunia. Karenanya perjuangan Ilmu Pengetahuan Sosial untuk menuju perbaikan Parameter penilaian dunia sangatlah diperlukan.

            Tugas berat memang bagi para pejuang Ilmu sosial, namun kenyataannya Memang merekalah yang mampu membawa sebuah bangsa menuju kuatnya pondasi awal menuju citra “BERMARTABAT”, dimata Dunia. Dan Indonesia akan mampu menuju kesana, apabila para pejuang Sosial, mampu membuat dasar yang kuat untuk membangun pilar-pilar bangsa yang bermartabat. Peran terbesar masa depan martabat Bangsa ini, ada ditangan Anda, Wahai Pejuang Ilmu Pengetahuan Sosial. Berjuanglah untuk mutu bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Budayakan Berkomentar yang Baik, Sopan, dan Ramah, Sesuai Budaya Indonesia.

WENDA ALIFULLOH Produksi 2021