Apabila teman-teman menginginkan File ini, silahkan koment dan tinggalkan e-mail. karena blog ini diseting untuk tidak bisa di Copy-Paste, terimakasih.
game ini pernah aku mainkan saat aku menjadi Panitia Acara di Kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia 2013
game ini pernah aku mainkan saat aku menjadi Panitia Acara di Kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia 2013
PINDAH BOTOL
Banyak Pemain : 6-14 Orang.
Lama Game : 15 Menit
Alat : -Botol
1.5 L yang diisi ¼ nya.
-Garis
Start, Garis Tengah, dan Garis Finish.
-Stopwatch.
Cara Bermain
:
1.
Tiap kelompok besar dibagi dalam 3
kelompok kecil yang terdiri dari kurang lebih 12 peserta.
2.
Tiap kelompok kecil dibagi menjadi 2
kubu yang terdiri dari kurang lebih 6 Peserta untuk mengestafetkan Botol dengan
Jari.
3.
Dari start ke garis tengah Botol
dibawa dengan Jari oleh Bagian Pertama kelompok. Selanjutnya ditengah-tengah
botol diestafetkan ke Bagian Kedua kelompok dan dibawa ke garis Finish.
Mengestafetkan harus tetap dengan menggunakan jari.
4.
Apabila botol terjatuh. Maka harus
diulang dari awal.
5.
Pemenang adalah kelompok yang
berhasil masuk ke garis finish lebih dahulu.
HIKMAH
PERMAINAN :
1.
Kekompakan Tim sangat Diuji dalam
membawa sebuah amanah atas nama TIM.
2.
Menyerahkan amanah kepada Orang lain
harus hati-hati dan Saling percaya.
3.
Memahami dan melihat fungsi orang
lain sebagai bagian dari kesuksesan TIM.
4.
Mengatur strategi dalam Pemecahan
Masalah.
NO
|
KELOMPOK
|
RATA-RATA
WAKTU KELOMPOK
|
1
|
A (1-6 PUTRI)
|
|
2
|
B (7-12 PUTRI)
|
|
3
|
C (13-17 PUTRA)
|
BOM WAKTU
Jumlah Pemain : 8-16 Orang
Lama : 15 menit
Alat : -tangram
-balon
karet yang diisi tepung.
-Tali
Untuk Menggantung Balon.
-Jarum
untuk meletuskan Balon.
-Stopwatch.
Cara Bermain
:
1.
Tantangan Mengutamakan Otak,
2.
Tim dibagi dalam 3 kelompok Kecil
yang terdiri dari kurang lebih 10 Orang.
3.
Setengah dari anggota kelompok kecil
duduk melingkar diikat menjadi satu dan diatasnya terdapat Balon diisi tepung.
4.
Balon berlaku sebagai Bom yang akan
meledak dalam waktu 10 menit Kelompok tidak berhasil memecahkan Tantangan yang
diberikan.
5.
Tantangannya adalah tim harus
menjinakan bom dengan cara : tim harus mampu memecahkan teka-teki tangram
menjadi Bentuk Bujur sangkar yang utuh kembali, tidak boleh ada lubang dan
tidak boleh saling tumpang tindih. Dan hanya boleh 1 bagian tangram yang dibalik.
6.
Yang menang adalah yang berhasil
paling cepat mengamankan Bom.
Hikmah
Permainan :
1.
Sesuatu yang tampak tidak mungkin
jika dipikrakan dengan seksama dan tidak mudh putus asa, pasti bisa.
2.
Mengubah Pola pikir atau kebiasaan
itu tidak mudah, Tapi Bisa dan mungkin apabila ada keinginan.
3.
Harus mampu berfikir dengan paradigma
baru.
4.
Hilangnya anggota tim yang
berpengaruh besar, bukan berarti hilang segalanya, atau tim jadi bubar. Namun
dengan semangat kebersamaan dan strategi yang jitu bisa Berjaya kembali.
NO
|
KELOMPOK
|
RATA-RATA WAKTU KELOMPOK
|
BOM MELEDAK/TIDAK
|
1
|
A
(1-6 PUTRI)
|
||
2
|
B
(7-12 PUTRI)
|
||
3
|
C
(13-17 PUTRA)
|
SURVIVAL SCENARIO
Jumlah Pemain : 8-15 orang.
Waktu Permainan : 5 Menit diskusi, 2 Menit Memaparkan.
Alat : -Kertas
Peran.
-HVS
Kosong Untuk Lembar Pemikiran Peserta.
Cara Bermain
:
1.
Bagi Kelompok Besar ke dalam kelompok
kecil yangberanggotakan Kurang dari atau Sama dengan 10 Orang.
2.
Bagi Tiap-tiap Kelompok Sebuah Kertas
daftar Peran yang harus mereka Pilih.
3.
Biarkan mereka Memilih Peran Mereka.
Dan setelahnya, Ceritakan Scenario Berikut :
Terjadi perang dunaia ketiga dan hanya 10 orang yang
selamat, yaitu kalian. Namun, udara telah tercemari radiasi nuklir dan menurut
sang ilmuwan, membutuhkan bertahun-tahun bagi udara untuk bersih dengan
sendirinya. Kebetulan, ditempat kalian bertahan ada shelter yang hanya memuat 7
orang. (bisa dibuat skenario 5 atau 6 jika anggota kelompok kurang dari 10).
Sementara 3 Orang harus dikorbankan tetap di luar dan mati karena radiasi.
Sebagai
tambahan informasi, Dalam shelter itu terdapat fasilitas:
- Sistem pembuangan
- Air
- Bibit tanaman
- Beberapa pakaian
- Buku
- Perlengkapan medis
- Rumah kaca
4. Biarkan mereka berdiskusi dan saling bertukar pendapat.
5. Suruh tiap-tiap Kelompok Mempresentasikan hasil diskusi mereka beserta
alasan-alasan yang mereka ambil
6. Kelompok dengan Alasan paling Bagus adalah Kelompok yang Berhasil Menyelesaikan
Permasalahan dengan Baik.
Nilai Hikmah :
1.
Semua Permasalahan Harus
memiliki penyelsaian yang jitu.
2.
Dalam sebuah tim, aka nada
orang-orang yang dikorbankan demi kelangsungan Organisasi.
3.
Memilih orang sesuai dengan
Kontribusi apa yang dapat ia berikan pada Organisasi.
4.
Kita harus siap disingkirkan
dari Tim, saat kita tidak mampu memberikan diri untuk Organisasi.
“karena esensinya saat kita
aktif di organisasi, tubuh ini bukan menjadi hak pribadi tapi sudah menjadi hak
orang lain juga”
Jawaban BOM WAKTU :
1.
Bagian Pertama yang diberikan Pada
Peserta adalah :
2.
Setelah Satu Bujur sangkar diambil,
mereka harus tetap membuat Persegi. Jawabannya adalah :
POINT SURVIVAL SKENARIO :
1.
Cara Berbicara Kelompok.
2.
Jawaban yang diberikan atas Kasus
yang dihadapkan.
3.
Pola Pikir Peserta.
4.
Banyaknya Keaktifan anggota Tim
NO
|
KELOMPOK
|
RATA-RATA
WAKTU KELOMPOK
|
|||
1
|
A
(1-6 PUTRI)
|
||||
2
|
B
(7-12 PUTRI)
|
||||
3
|
C
(13-17 PUTRA)
|
pak kalau ada lagi teka tekinya, buat melatih otak biar nggak ngeres terus
BalasHapusmau dong ka shre ke ltwin517@gmail.com bagus gamenya :-)
BalasHapusMau dong kak materinya. Terima kasih
BalasHapusTlg kak. Ksh aku gamenya
BalasHapusKak Boleh minta materinya🙏
BalasHapusKak boleh minta materinya kirim ke email : akhmadkharis11@gmail.com
BalasHapus