Selasa, 23 November 2021

GURU GO-VLOG Edisi WENDA ALIFULLOH RoadShow SMAN 1 Pekanbaru

Pada tanggal 10 dan 11 November 2021 SMAN 1 Pekanbaru mengadakan rangkaian pelatihan untuk seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di dalamnya. kegiatan pelatihan (in house training) ini dilaksanakan selama 9 hari dengan beragam topik pelatihan yang dibawakan oleh berbagai pemateri.

seminggu sebelum acara, saya dihubungi oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang bertanggung jawab mengadakan pelatihan ini dan meminta saya menjadi narasumber. Pada saat perbincangan ditelepon beliau meminta saya berbagi terkait Guru yang Menjadi Konten Kreator dan sharing tentang bagaimana perjalanan saya menjadi seorang YouTuber dunia Pendidikan.

dengan persetujuan Pimpinan di sekolah saya (Pak Zulfiandry ZA, S.P.,M.Pd) yang selalu mendukung setiap langkah guru-gurunya untuk berbagi dan berkolaborasi maka kami menyepakati waktu untuk pelatihan yang bertajuk "Guru Masa Kini, Guru Sebagai Content Creator"  seperti yang dituangkan dalam poster berikut ini :

(Poster Acara Wenda Alifulloh Road to SMAN 1 Pekanbaru)

pada saat hari pelatihan, saya dibantu oleh adik tingkat saya di UPI Bandung yang kebetulan sedang pulang ke Pekanbaru. selama proses pelatihan seluruh guru yang ikut terlihat antusias dan sangat semangat ketika harus praktek membuat video.
disela-sela pelatihan yang berlangsung selama 2 hari tersebut saya menyampaikan beberapa topik secara klasikal yaitu
  • cara membuat video / vlog umum dan pembelajaran berbasis Filmora dan KineMaster
  • perjalanan menjadi Youtuber Pendidikan
  • peran komunitas akademis dalam pendidikan di era digital
di akhir pelatihan (hari kedua) kami menonton video hasil produksi guru-guru dan melakukan evaluasi terhadap video-video tersebut.
pengalaman menjadi instruktur atau fasilitator dalam pembuatan video memang bukan pertama kali bagi saya, sudah sering saya diminta mengisi dan berbagi di banyak tempat. tetapi SMAN 1 Pekanbaru dengan segala pelayanan dan keramahtamahan serta semangat belajar guru-gurunya memang tidak perlu diragukan.

Dokumentasi Kegiatan:

 
(Kegiatan Pematerian Klasikan dan Bimbingan Editing Video)

 



(hari ke-2 : menyampaikan tentang peran komunitas akademik dalam pendidikan di era digital)



(foto bersama Kepala & GTK SMAN 1 Pekanbaru) 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Budayakan Berkomentar yang Baik, Sopan, dan Ramah, Sesuai Budaya Indonesia.

WENDA ALIFULLOH Produksi 2021